10 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan

 10 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan


Setelah lama gak update, kali ini saya ingin share tips kesehatan. Yaitu Manfaat mendengarkan Musik bagi Kesehatan.

"One Good thing about music, when it hits you, you feel no pain." Itulah bunyi ungkapan terkenal Bob Marley. Ungkapan itu bermaksud bahwa musik mempunyai manfaat ajaib untuk menyembuhkan diri baik secara fisik maupun emosional. Dengan musik pula koordinasi fisik agan berjalan dengan baik, kemampuan linguistik meningkat, dan dapat mengurangi resiko pikun di usia senja.

Selain beberapa manfaat yang dijelaskan diatas, berikut ada beberapa manfaat lainnya. Simak berikut ini :

1. Meredakan Nyeri

Musik punya manfaat yang sangat besar dalam menyembuhkan rasa nyeri. Musik itu bekerja di system saraf yang kemudian secara otomatis mampu meringankan rasa sakit kronis. Bahkan di beberapa rumah sakit, musik digunakan sebagai terapi untuk melahirkan, anestesi, atau menyembuhkan nyeri pasca operasi. Musik akan membuat tubuh mengeluarkan zat endorfin yang dapat menetralkan rasa sakit, memperlambat detak jantung, dan merilekskan pernafasan.

2. Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah

Tempo, intensitas, dan kecepatan musik mempengaruhi jantung. Musik mampu meningkatkan denyut jantung dan pernapasan agan.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Dalam hal ini berkaitan dengan pendidikan. Pendidikan tentang musik sangat penting bagi perkembangan otak anak-anak. Musik dapat meningkatkan kesehatan otak, serta keterampilan visual verbal anak-anak. Dengan memainkan atau mengajari anak untuk bermain musik merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan otak dan IQ anak-anak.

4. Memperbaiki  Suasana hati

Saat kita mendengarkan musik yang agan suka, otak akan melepaskan dopamin yang mampu meredakan suasana hati yang tegang.

5. Mengontrol tekanan darah

Bagi pasien yang sedang terkena tekanan darah tinggi, mendengarkan musik dengan irama yang lembut dapat mengontrol tekanan darah mereka. Dalam sebuah penelitian, mendengarkan musik klasik setidaknya 30 menit/hari dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi secara signifikan.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Musik pada dasarnya bersifat menenangkan. Itulah kenapa banyak orang memilih mendengarkan musik untuk menemani tidur mereka.

7. meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat kita mendengarkan musik, tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Mendengarkan musik selama 50 menit dapat meningkatkan antibodi tubuh dan menurunkan tingkat stress hormon kortisol.

8. Membuat Kita Bersemangat

Jenis musik tertentu yang kadang kita gunakan untuk berolahraga, merupakan cara agar kita lebih bersemangat dalam melakukan olahraga tersebut seperti jogging di pagi hari.

9. Mempertajam Memori

Musik dapat membantu seseorang untuk mengingat sesuatu dengan baik. Sebab bagian otak yang memproses musik berada di dekat memori otak.

10. Mengendalikan Nafsu Makan

Musik juga dapat mengendalikan nafsu makan. Mendengarkan musik dapat membuat agan makan secara perlahan-lahan.

nah musik punya begitu manfaat bagi kesehatan. Tapi ingat, jangan mendengarkan musik secara berlebihan seperti mendengarkan musik dengan handset dengan speaker yang keras. karena itu bisa merusak gendang telinga agan. Sekian..

0 Response to "10 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan"

Post a Comment