Manfaat Kunyit bagi Kesehatan


Baik sekarang saya ingin membahas tentang beberapa Manfaat Kunyit bagi Kesehatan.
Kebanyakan ahli kesehatan tahu bahwa kunyit mempunyai manfaat anti-inflamasi, menyembuhkan batuk, demam, dan luka. Namun masih ada banyak manfaat lainnya. Dari sekian banyak manfaat itu, salah satunya adalah untuk kesehatan perut. Kunyit mempunyai senyawa kurkumin, yaitu zat yang memberi warna kuning pada kunyit. Kurkumin merupakan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Kurkumin juga efektif sebagai zat anti kangker.
Manfaat Kunyit untuk perut
Kunyit dapat mengobati sistem gastro intestinal tubuh. yaitu dapat membantu perut kita untuk menjaga tingkat keasaman penecernaan yang dapat membahayakan. Berikut ada beberapa manfaat kunyit untuk Kesehatan perut.

1. Membantu Masalah Pencernaan

Peneltitian telah menunjukkan bahwa kunyit membantu pelepasan empedu, dan membantu dalam pencernaan makanan. Fungsi kunyit disini yaitu dengan cara menstimulasi kandung empedu untuk melepaskan empedu. Empedu memainkan peranan penting untuk pencernaan dalam penyerapan lemak dan vitamin laruk lemak dalam usus kecil. 

2. Mencegah Penumpukan Gas

Kunyit dapat menenangkan sistem pencernaan bagian atas dengan jalan menyingkirkan gas. Kunyit juga membantu meningkatkan penyerapan usus, dan mempromosikan flora usus. Bagi orang yang menderita penyakit Colitis, kunyit dapat memberi dampak signifkan agar penderita mempunyai tingkat kekambuhan yang rendah. 

3. Untuk Kesehatan Lambung

Makanan yang kita makan sehari-hari berpotensi dapat menyebabkan merusak sistem pencernaan tubuh kita. Makanan yang bersifat korosif yang dapat membahayakan dinding lambung dan usus. Kunyit berperan dalam membantu mengurangi efek ini dengan cara meningkatkan lendir pada dinding lambung dengan bertinfak sebagai lapisan pelindung.

4. Mengatasi Gangguan Sembelit

Dalam hal ini, kunyit dapat mempromosikan gerakan peristaltik pada usus besar. Sehingga gerak makanan menjadi lancar. Dengan demikian kita akan jauh dari masalah sulit BAB atau sembelit. BAB yang lancar ditandai dengan teraturnya jam ke kamar kecil untuk mengurangi wasir dalam jangka panjang. 

Berikut cara Memanfaatkan kunyit untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan

Ambillah beberapa potong kunyit seukuran ibu jari yang telah dibersihkan. Parut kunyit, lalu tambahkan segelas air putih matang satu gelas. saring dengan kain atau saringan halus bersih sambil di tekan-tekan. Sebelum diminum, tambahkan 1 sdm madu asli dan jeruk nipis untuk menambah rasa. Jika tak ada madu, gula merah pun tak apa. Minumlah setiap pagi, 2-3 kali dalam seminggu

Mengatasi Gangguan Perut

Ambil satu sendok kunyit bubuk. Segelas air dan tambahkan yoghurt. Minumlah ramuan ini setelah makan siang (bukan dalam keadaan perut kosong). 

Kunyit aman untuk dikonsumsi. asal tidak berlebihan setiap hari dalam mengkonsumsi nya. Wanita hamil dan menyusui dilarang mengkonsumsi suplemen kunyit untuk menghindari kelebihan. Atau berkonsultasi lah ke dokter kandungan jika ingin mengkonsumsinya.

terimakasih..

0 Response to "Manfaat Kunyit bagi Kesehatan"

Post a Comment